Saingi Google, Facebook akan Ciptakan Mesin Pencari


Mark Zuckerberg
 Manfaatkan timbunan konten yang ditinggalkan     oleh para penggunanya

Facebook tampaknya berambisi untuk menggeser          Google sebagai raja mesin pencari di dunia maya.  Rencana itu terbukti dari laporan bahwa sebuah tim yang terdiri dari 20 orang insinyur Facebook, yang dipimpin oleh mantan programer Google, tengah membangun       sebuah mesin pencari.

 Dalam laporan yang dilansir oleh Bussinessweek yang     mengutip dua sumber orang dalam Facebook itu disebutkan bahwa gagasan membuat search engine itu adalah untuk memanfaatkan timbunan konten yang diciptakan oleh jutaan pengguna Facebook setiap hari.

Para pengguna Facebook sering menulis status, mendukung merk-merk produk tertentu, menggunakan tombol "Like" untuk menunjukan kesukaannya pada berbagai konten atau video, dan informasi-informasi itu jelas bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sementara ketika dimintai konfirmasinya tentang kabar itu, Facebook melalui juru bicaranya mengatakan, "Kami tidak mengomentari rumor dan spekulasi terkait produk."

Google telah lebih dulu masuk ke "lapak" Facebook dengan meluncurkan Google+ yang dilengkapi dengan fitur "Search, Plus Your World". Jadi langkah Facebook untuk membuat mesin pencari tampaknya akan membuat pertarungan dua raksasa internet itu kian seru.

Meski demkian pendiri Facebook, Mark Zuckerberg selalu mengesampingkan kemungkinan persaingan langsung antara Facebook dan Google.

"Saya kira ini tidak akan berkembang menjadi situasi ketika satu perusahaan memenangkan segalanya," ucap Zuckerberg dalam sebuah kesempatan tahun lalu.

0 komentar:

Post a Comment