Harga Klik Adsense untuk Blog Bahasa Indonesia


Tampaknya harga klik adsense untuk blog Bahasa Indonesia sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga klik cara-cara menampilkan adsense sebelum mendukung Bahasa Indonesia.
Dulu harga klik Adsense untuk blog berbahasa Indonesia ada diantara kisaran $0.01 sampai $0.06, tetapi setelah Adsense mensupport Bahasa Indonesia sepertinya harga per klik untuk blogger mengalami peningkatan. Sebelum adsense mensupport Bahasa Indonesia ada yang dinamakan smart price. Apakah smart price itu?
Jadi ketika dulu Adsense belum support Bahasa Indonesia para blogger mengakali Adsense agar bisa muncul diblog berbahasa Indonesia, akhirnya dengan beberapa trik Adsense pun bisa muncul diblog berbahasa Indonesia. Tetapi setelah lama-kelamaan harga per klik untuk iklan Adsense diblog berbahasa Indonesia terus menurun sampai $0.01. Nah, itulah yang disebut smart price.

Harga Klik Adsense Lebih Mahal

Setelah beberapa minggu yang lalu Adsense mengumumkan bahwa mereka telah mendukung Bahasa Indonesia, perlahan tapi pasti harga klik Adsense untuk blog Bahasa Indonesia terus meningkat. Memang, belum bisa disamakan dengan harga klik Adsense untuk blog Bahasa Inggris, tetapi setidaknya harga yang ditawarkan sudah lebih baik dibandingkan PPC lokal yang lain.
Kita tahu bahwa PPC lokal paling tua diantaranya KumpulBlogger, KlikSaya, dan AdsenseCamp. Mereka menawarkan iklan yang  sama dari tahun 2008 sampai sekarang 2012, harganya berkisar antara Rp 300,- sampai Rp 500,-. Sampai akhirnya muncul SITTI yang menjanjikan iklan berdasarkan keyword dengan harga sesuai kompetisi. Memang benar harga klik iklan SITTI lebih baik dari KumpulBlogger, KlikSaya, dan AdsenseCamp, akan tetapi iklannya jarang sekali muncul, tentu ini kerugian untuk seorang blogger.
Untuk harga klik Adsense sekarang berkisar antara $0.03 sampai $0.2, bahkan salah satu publisher Adsense pernah bilang bahwa dia mendapatkan $1 untuk tiga kali klik, artinya jika dirata-ratakan, maka perklik harganya $0.33. Harga klik yang tinggi untuk blog berbahasa Indonesia.
   

1 komentar:

akang sam said...

nice sharing bro, tapi sekarang lumaya ya sudah mencapai $0,10 bahkan lebih. thanks sharingnya

http://samboedy.blogspot.com/

Post a Comment