berhenti mengeluh !

Para biksu muda sedang bekerja membawa batu-batu untuk vihara yang sedang dibangun. Kepala biksu pun mengawasi pekerjaan mereka.
Siang hari itu sangat panas. Seorang biksu muda yang berasal dari daerah lain, yang belum terbiasa dengan cuaca panas disana, merasakan pekerjaan itu sangat berat.
Ia menggerutu dalam hati. Ia juga sering menggumam dalam bahasanya, agar tidak diketahui oleh biksu lainnya. Ia menggerutu sambil membawa batu-batu dari gudang ke lokasi pembangunan.
Ketika siang tiba, kepala biksu harus pergi ke lokasi lain dan digantikan oleh biksu senior. Biksu senior yang melihat pekerjaan mereka, lantas berkata,
Duh, batu-batu ini tidak seharusnya diletakkan di lokasi pembangunan. Belum saatnya memindahkan batu-batu ini. Jadi tolong pindahkan lagi ke gudang.”
Kenapa lain lagi perintahnya?” gumam si biksu muda. Namun, melihat teman-teman lainnya, ia terpaksa mengangkut kembali batu-batu itu ke gudang. Ia mengangkat batu-batu itu dengan menggerutu.
Beberapa biksu muda lain melihat ke arahnya dan tersenyum. Dengan tersenyum, mereka bergerak cepat mengangkat batu-batu itu. Sebaliknya, yang terjadi dengan biksu muda, ia merasakan pekerjaan itu berat sekali.
Aduh.. Pekerjaan ini berat sekali,” keluhnya berulang-ulang dalam hati. Ia merasa tak sanggup membawa batu-batu itu.
Ketika sore tiba, Kepala biksu kembali untuk melihat hasil kerja mereka.
Kenapa batu-batu itu masih banyak di gudang? Batu-batu itu harus dibawa ke lokasi pembangunan. Ayo, bawa batu-batu itu segera ke lokasi, hari sudah mulai sore,” ucapnya.
Apa? Bagaimana ini? Tadi mereka minta batu-batu itu dibawa kembali ke gudang. Sekarang malah minta dibawa lagi ke lokasi!” gerutu si biksu muda.
Namun, teman-temannya dengan riang menuruti permintaan si Kepala biksu, dan mereka semakin cepat membawa batu-batu itu.
Sedangkan biksu muda yang semakin sering mengeluh, malah semakin merasakan berat dan lamban.
Seperti inilah kualitas kita menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Semakin sering kita mengeluhkan kesulitannya, semakin lamban kita bekerja dan semakin terasa sulit. Sebaliknya, bila kita mengerjakan sesuatu dengan hati senang dan tidak pernah mengeluh, seringkali kita mendapatkan hasil yang diluar dugaan.


0 komentar:

Post a Comment