Mengenal Sheikh Mansour pemilik Manchester City

Bagi yg suka sepak bola pasti mengenal klub liga inggris Manchester City, klub yg dilatih oleh Roberto mancini yg musim ini menjadi jawara liga premier inggris. klub yg dulunya hanya medioker berubah menjadi klub yg mulai menguasai liga premier inggris setelah datangnya pemiik baru yaitu sheikh mansour bin zayed al-nahyan konglomerat dari uni emirat arab.
siapakah sheikh mansour??
Proses take over Manchester City (Man City) dari tangan Thaksin Shinawatra bulan September tahun 2008 oleh Abu Dhabi United Group Investment and Development Limited (ADUG) mencuat bukan karena tuduhan korupsi yang menjerat mantan Perdana Menteri Thailand tersebut.
Tapi, lebih pada jumlah kekayaan yang dimiliki oleh ‘orang’ di balik ADUG. Di awal proses take over, nama Dr. Sulaiman al-Fahim disebut-sebut sebagai calon pemilik teranyar The Citizens. Namun, setelah pengambilalihan klub selesai, diketahui owner Man City adalah Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan. Status multi miliarder sheikh Mansour langsung meroketkan nama Man City sebagai klub yang memiliki dana terbesar seantero dunia!
Siapakah Sheikh Mansour? Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan dan 19
saudara laki-lakinya adalah anggota kerajaan Abu Dhabi. Di antara mereka terdapat presiden dan putra mahkota Uni Emirat Arab. Keluarga Al-Nahyan memimpin Abu Dhabi sejak 1960-an. Sheikh Mansour menikah dengan Sheikha Manal bin Mohammed bin Rashid al-Maktoum, tak lain adalah putri penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum. Sheikh Mansour juga tercatat sebagai anggota kabinet UEA, dan terkenal sangat mencintai olahraga. Dia menjabat sebagai presiden klub sepakbola Al-Jazeera serta pacuan kuda, Emirates Horse Racing.
Kekayaan keluarga Sheikh Mansour tercatat sekitar 560 miliar pounds (Rp 10 ribu triliun)! Sebagian besar kekayaan tersebut dihasilkan dari perusahaan minyak yang dimiliki oleh keluarga Al-Nahyan sejak tahun 1958. Jika harga minyak naik USD 1 per barrel, maka pundi-pundi uang Sheikh Mansour akan bertambah 500 juta dollar perhari! Dia merupakan direktur utama First Gulf Bank dan presiden International Petroleum Investment Company.
Sumber uang Sheikh Mansour bukan hanya dari sektor minyak saja. Dia juga merupakan pemberi modal dari Hydra Properties yang dimiliki oleh Dr. Sulaiman. Hydra Properties adalah kompleks perumahan elit dengan fasilitas super mewah yang diperuntukkan bagi kalangan jet set dunia. Sheikh Mansour juga menjadi penyokong dana bagi sponsor utama liga Premier Barclay sebesar 3,5 juta pounds. Kucuran dana ini sempat mengundang perdebatan, mengingat Sheikh Mansour merupakan salah satu pemilik klub liga Premier.
Sejak memiliki Man City, ADUG menegaskan ambisi mereka untuk membangun klub tersebut menjadi yang terbaik di dunia. Perusahaan itu pun mengumbar beberapa nama bidikan mereka demi mewujudkan ambisi tersebut. Sebuah daftar uang yang luar biasa membuat Man City bisa menurunkan dua tim berkualitas dahsyat pada waktu yang bersamaan.                                                                                      
                                                                        

0 komentar:

Post a Comment