HARI BURUH: Kenapa tanggal 1 Mei?


MAY DAY. Istilah ini menjadi kata ganti bagi peringatan Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei.
Menurut berbagai catatan, penetapan Hari Buruh pada 1 Mei terkait dengan peristiwa Haymarket unjuk rasa besar-besaran pekerja di Amerika Serikat, menuntut 8 jam kerja per hari.
Aktor di balik gerakan tersebut adalah Federation of Organized Trades and Labor Union.Tuntutan pengurangan jam kerja itu juga sudah menjadi gerakan dunia antara lain dalam Kongres Buruh Internasional pertama di Jenewa, Swiss.
Pada 1 Mei 1886, ratusan ribu pekerja turun ke jalan untuk mendesak pemberlakuan 8 jam kerja. Pada waktu itu, waktu kerja pekerja bisa sampai dengan 20 jam per hari.

 

Puncak dari aksi buruh terjadi setelah unjuk rasa berjalan 4 hari. Pada 4 Mei 1886 itulah terjadi kekerasan dari aparat keamanan. Ratusan peserta unjuk rasa tewas. Pimpinan aksi pun ditangkapi polisi.
Nah, tanggal 1 Mei itulah yang akhirnya ditetapkan sebagai  Federation of Organized Trades and Labor Unions sebagai Hari Buruh
Penetapan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional yang kemudian dikenal dengan May Day dikukuhkan tiga tahun kemudian dalam Kongres Sosialis Dunia pada Juli 1889 di Paris.
Sejak itulah, tuntutan 8 jam hari kerja menjadi gerakan yang mendunia yang akhirnya dinikmati oleh seluruh pekerja di seluruh jagad sampai hari ini.

0 komentar:

Post a Comment