Rafid Topan Tercepat Ketiga di Jerez

Rafid Topan mencatatkan lompatan hasil luar biasa saat menjadi tercepat ketiga di tes pramusim hari kedua di Sirkuit Jerez Spanyol. Pembalap yang disponsori Evalube, pelumas produksi PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI), ini ibarat sedang membuktikan dirinya memang punya potensi.
Pada tes tersebut, dalam kondisi hujan, Rafid Topan yang sudah menggunakan motor baru untuk musim ini berhasil melesat di posisi ketiga dengan catatan waktu (1 menit 56,581 detik) terpaut 0,721 detik dengan Anthony West (rekan setimnya) diposisi kedua dan terpaut 0,824 detik dengan Mike Di Meglio yang menjadi pembalap tercepat.


Bambang Gunardi, Sportive Adviser QMMF, punya analisa terkait hasil ini. "Hasil ini sangat menggembirakan karena cuaca kemarin hujan, jadi Topan mempunyai kelebihan di trek basah. Namun, ini belum bisa dijadikan barometer. Mengingat Topan masih di tahun pertama, dan belum mengenal sirkuit tentunya kami harus sabar," ujarnya.

Topan, pembalap asli Tanjung Priuk Jakarta Utara ini pun mengungkapkan kegembiraannya. "Motor baru saya jauh lebih cepat, dibandingkan dengan motor yang digunakan musim lalu. Saya masih harus beradaptasi dengan setelan motor ini, tetapi sejauh ini hasilnya memuaskan. Saya berharap dapat lebih cepat lagi dengan motor ini," tukas Topan.
 
Berikut sedikit profile dan perjalan karir dari Rafid, yang didapat dari berbagai sumber:
Nama lengkap: Rafid Topan Sucipto
No. Motor: 50 – sekarang 97 (Moto2)
Model motor: Yamaha – sekarang Speed Up (Moto 2)
Tim: QMMF Racing Team (Moto2)
Kelas: Supersport Asia Road Racing 600cc – sekarang Moto2
Umur: 17 (1995)
Negara: Indonesia
Perjalanan karir Rafid
2007: Juara Indonesian National Championship kelas pemula, juara Yamaha Cup Race kelas 115cc
2008: Juara Indonesian National Championship kelas 115cc pemula
2009: Juara Indonesian National Championship kelas 125cc Expert, Juara Indonesian National Championship kelas 115cc Expert
2010: Juara Tiga Underbone kelas 115cc PETRONAS Asia Road Racing Championship
2011: Juara Underbone 115cc PETRONAS Asia Road Racing Championship



0 komentar:

Post a Comment