Prof Dr.(H.C.) KH Abd Ghofur, Sosok Dan Kiprahnya

Karakter suaranya khas dan mudah di ingat, Gaya penyampaianya Blak-blakan dan mudah di mengerti.
Apalagi kepribadianya Low Profile dan tegas itulah sosok KH Abd Ghofur Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan.
Maka tak Heran Bila Pengajianya Setiap Pagi Di Radio Persada Dengan Frekwensi 97,20 selalu di nanti Oleh Ribuan Pendengar di Kawasan Gresik,Lamongan,Bojonegoro Dan Sekitarnya.
Bahkan kini Pengajian tersebut dapat di simak Secara Live di Persada TV meskipun dengan Radius Tertentu.

di bawah kepemimpinan KH Abd Ghofur Ponpes Sunan Drajat Mengalami kemajuan yang cukup Signifikan ini terlihat dari Gedung-gedungnya yang semakin  Megah Dan Mewah dari tahun ke tahun di atas lahan 12 hektar dan jumlah santrinya kini juga sudah mencapai 10 ribu ini menunjukan besarnya kepercayaan masyarakat.
 

 
KH Abd Ghofur adalah putra asli desa banjaranyar di lahirkan pada tahun 1949 dari pasangan H Matrokan dan Hj Kasiyani, masa kecil putra ketiga dari sepuluh bersaudara ini dilalui dengan penuh perjuangan karena berasal dari keluarga sederhana namun keadaan itu justru menguatkan Ghofur kecil sebagai sosok yang Tangguh dan memiliki jiwa Pemimpin.
 
ia mengawali Pendidikan dasar di TK,MI,MTS Yang ada di Ponpes Tarbiyatut Tholabah kranji kemudian melanjutkan MA di Ponpes Mambaul Maarif Denayar Jombang di bawah asuhan KH Bisri Syansuri hingga tahun 1965.
Setelah lulus, Ghofur muda mengembara di Ponpes Keramat,Ponpes Sidogiri dan Sarang asuhan KH Maimun Zubair yang semakin memantapkan ilmu alat dan ilmu fiqihnya.
Kemudian pengembaraan selanjutnya adalah Ponpes Lirboyo Kediri,Ponpes Tretek dan Ponpes Roudhatul Quran hingga tahun 1975, Di pesantren2 Terakhir inilah Ghofur muda Mendalami ilmu Pengobatan dan bela diri.


Pengabdi Lingkungan


Bagi KH Abd Ghofur Eksistensi Pesantren Tidak Hanya Pembinaan Spiritual Dan Pendidikan Tapi Harus Juga Bisa Menjadi Solusi Bagi Problem Sosial Maupun Ekonomi Masyarakat.
Hal Ini Selaras Dengan Filosofi Sunan Drajat "Berilah Tongkat Kepada Orang Buta, Berilah Petunjuk Kepada Orang Bodoh, Berilah Makan Kepada Orang Yang Kelaparan, Sejahterahkanlah Rakyat Miskin, Dan Berikanlah Kepada Orang Yang Telanjang".

 
Tahun 2006 KH Abd Ghofur Menerima Kalpataru Bidang Kebersihan Dan Lingkungan, Penghargaan Ini Diserahkan Presiden Presiden SBY Di Istana Merdeka Pada 12 Juni 2006. Selain Itu, Kiai Ghofur Juga Pernah Menerima Gelar Doktor Honoris Causa Di Bidang Ekonomi Kerakyatan Dari American Institute Of Management Hawai Amerika Serikat.

Itulah Sedikit Profil Tentang Dr.(H.C.) KH Abd Ghofur Banjaranyar Paciran Lamongan, Karena Sudah Malam Dan Saya Sudah Capek Ngetik Cukup Sekian Saja ,
Wassalamu 'alaikum Wr.Wb.



0 komentar:

Post a Comment