Mengenal Alergi Pembalut dan Cara Mencegahnya


Wanita, pasti akrab dengan penggunaan pembalut. Namun jika tidak diperhatikan kebersihan dan kesehatannya, pemakaian pembalut bisa memicu alergi.
Keluhan adanya alergi akibat pemakaian pembalut memang jarang ditemukan secara langsung. Alergi ini bisa dilihat dari dua hal, yakni kondisi masing-masing individual atau jenis pembalutnya.
Kita bisa lihat dari bahan pembalut yang kita gunakan, apakah memiliki daya serap tinggi atau tidak. Jika penyerapan tidak sempurna, maka bukan tidak mungkin akan memunculkan reaksi pada organ intim, termasuk gatal-gatal.
Karena darah haid bukanlah darah bersih, melainkan bersifat patologis, maka banyak bibit penyakit yang siap datang. Nah, alergi ini sendiri muncul bisa jadi karena tertumpuknya darah-darah tersebut.
Karena umumnya kita tidak sadar adanya gangguan yang diakibatkan oleh pembalut, seringkali kita mengeluhkan gatal selama menstruasi dan berlanjut hingga menstruasi hilang.
Cara paling aman untuk mendeteksi adanya gangguan pada organ intim, termasuk alergi pembalut adalah melakukan pemeriksaan secara rutin.
Pemeriksaan pap smear juga penting, terutama untuk mereka yang sudah melakukan hubungan seksual. Hal ini perlu kita lakukan untuk mendeteksi adanya kelainan, seperti tumbuhnya spora jamur yang tak normal, atau adanya gangguan yang disebabkan oleh bakteri atau kuman secara lebih teliti.

0 komentar:

Post a Comment